Mata yang Enak Dipandang (2020)

Mata yang Enak Dipandang Ahmad Tohari Mata yang Enak Dipandang Buku ini merupakan kumpulan lima belas cerita pendek Ahmad Tohari yang tersebar di sejumlah media cetak antara tahun dan Seperti novel novelnya cerita cerita pendeknya pun memiliki ciri kha
  • Title: Mata yang Enak Dipandang
  • Author: Ahmad Tohari
  • ISBN: 9786020300450
  • Page: 452
  • Format: Paperback
Mata yang Enak Dipandang Ahmad Tohari Buku ini merupakan kumpulan lima belas cerita pendek Ahmad Tohari yang tersebar di sejumlah media cetak antara tahun 1983 dan 1997.Seperti novel novelnya, cerita cerita pendeknya pun memiliki ciri khas Ia selalu mengangkat kehidupan orang orang kecil atau kalangan bawah dengan segala lika likunya.Ahmad Tohari sangat mengenal kehidupan mereka dengan baik Oleh karena itu,Buku ini merupakan kumpulan lima belas cerita pendek Ahmad Tohari yang tersebar di sejumlah media cetak antara tahun 1983 dan 1997.Seperti novel novelnya, cerita cerita pendeknya pun memiliki ciri khas Ia selalu mengangkat kehidupan orang orang kecil atau kalangan bawah dengan segala lika likunya.Ahmad Tohari sangat mengenal kehidupan mereka dengan baik Oleh karena itu, ia dapat melukiskannya dengan simpati dan empati sehingga kisah kisah itu memperkaya batin pembaca.
Mata yang Enak Dipandang Ahmad Tohari

  • [✓ Mata yang Enak Dipandang || ↠ PDF Read by ☆ Ahmad Tohari]
    Ahmad Tohari

One thought on “Mata yang Enak Dipandang

  1. Abduraafi Andrian

    Membaca ini, aku diajak kembali ke masa masa kala tinggal di kampung halaman Hampir semua ceritanya berlatar pedesaan dengan pematang sawah, petani, kerbau, rumah rumah sederhana, warung di depan rumah, bahkan nama nama tokohnya.Yeah, aku menyukainya Karya pertama Ahmad Tohari yang kubaca Cerita ceritanya dekat sekali dengan sayah.Cerpen favorit Kang Sarpin Minta Dikebiri.Honorable mentions Penipu yang Keempat, Paman Doblo Merobek Layang Layang, Akhirnya Karsim Menyeberang Jalan.

  2. Eva

    Kumcer ini menjadi salah satu buku favorit saya.Hampir semua semua cerpen dalam kumcer ini saya sukai.Setiap menyelesaikan satu cerpen saya akan menghela napas panjang.Seringkali tertohok, sering pula perasaan seperti teriris.cerpen cerpen yang saya sukai 1 Mata yang Enak Dipandang2 Penipu yang Keempat3 Daruan4 Warung Penajem5 Kang Sarpin Minta Dikebiri6 Akhirnya Karsim Menyebrang Jalan7 Sayur Bleketupuk8 Harta Gantungan9 Pemandangan Perut10 Salam dari Penyangga Langit

  3. Meriana

    Karya sastra yang brilian Berseni, bernilai, dan menyentuh sanubari Bagi saya, sebuah cerita bisa dikatakan cerita yg sukses berkelas, ketika mampu membawa imajinasi saya larut kedalam ceritanya Bukan hanya itu, bahasa yg digunakan juga harus efektif dan menarik Terutama untuk sastra murni, diksinya juga harus kreatif dan cerdik Dan yg paling penting dari semua itu adalah, adanya nilai bermutu dalam cerita yg disampaikan.And guess what Buku kumpulan cerpen ini, berhasil memenuhi semua ekspektasi [...]

  4. Ruth

    Sepertinya ini buku yang pas buat dijadiin introduction bagi para pembaca baru karya karyanya Ahmad Tohari Setiap cerita punya konsep serta pesannya masing masing, gak ngebosenin dan bahasanya gak ribet Pasti udah pada tahu, lah, ya, kalo ciri khas mas Tohari ini selalu ngambil latar cerita yang merakyat.Dari 15 cerita pendek yang ada di buku kuning , aku paling suka sama cerpen yang berjudul Dawir, Turah dan Totol Then, in second place Paman Doblo Merobek Layang Layang Third, yang bikin aku ham [...]

  5. Nisrina

    Setiap kali selesai membaca satu cerpen di buku ini, saya merasa seperti sedang dinasihati oleh seorang Kakek yang bijaksana Seperti yang tertulis di belakang blurb nya, tulisan Ahmad Tohari ini mengisahkan tentang kelompok dengan SES ke bawah Cerpen terakhir berhasil membuat saya menangis Terimakasih untuk nasihat hidup yang indah, Kek.

  6. Olive Hateem

    Buku ini jadi salah satu kumpulan cerpen terbaik yang pernah saya baca Bahasa Ahmad Tohari dalam menceritakan rakyat kecil di sini sangat ringan dan mengalir Mulai dari cerita pertama sampai terakhir punya ide yang sama menarik dan disampaikan dengan sangat apik Cocok buat kalian yang mau mulai membaca karya karya Ahmad Tohari yang lain.

  7. Hestia Istiviani

    Singkatnya, aku suka sekali dengan tulisan A Tohari Aku memutuskan untuk membaca kumpulan cerpen ini karena merasa ada yang ngganjel karena belum menyelesaikan Ronggeng Dukuh Paruk Meski hanya membaca buku pertama kisah Srintil, akan tetapi aku sudah terpukau dengan gaya bahasa yang digunakan oleh A Tohari Rindu akan atmosfer karyanya, aku pun memutuskan untuk membaca Mata yang Enak Dipandang.Gaya Bahasa dan Kosa KataAh, aku perlu berkata apalagi Aku sudha jatuh cinta dengan gaya bahasa dan keka [...]

  8. Yuu Sasih

    Hasil peminjaman pertama di iJak begitu tahu kalau mau pinjam nggak perlu KTP DKI wkwkwk.Adanya di iJak yang versi bahasa inggris, tapi terjemahannya enak banget Entah kenapa luwes aja gitu, masih terasa Indonesianya bahkan dalam kata kata inggris, nggak kayak sebagian karya sastra yang diterjemahkan ke Inggris dan langsung hilang rasa Indonesianya Mungkin itu karena diksi Ahmad Tohari yang simpel dan lugas, jadi nggak sulit untuk terjemahkan ke bahasa lain.Paling suka cerpen Darwi, Tahar and To [...]

  9. Fhia

    Merupakan kumpulan cerpen yang pernah dimuat di berbagai media dalam rentang waktu 1983 1997, namun tetap merefleksikan realita realita kehidupan masa kini Suka semua ceritanya Mengingatkan kita untuk lebih bersyukur dan senantiasa berbagi dengan yang membutuhkan Yaa.n memang latar kehidupan sosial yang diambil dlm sebagian besar cerpennya adalah kehidupan menengah kebawah, yang identik dg kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup My most favorite story adalah cerpen yg terakhir Banyak banget yg [...]

  10. Bernard Batubara

    tempo hari sempat baca senyum karyamin saya suka dan barusan selesai baca kumpulan cerpen ahmad tohari yang baru ini, dan lebih suka tidak hanya mereka kuat karena berpihak, tetapi cerpen cerpen tohari juga ditulis dengan teknik yang mumpuni dengan kesederhanaannya, ia tak kehilangan ketajaman dan kalimat kalimatnya efektif di sela sela narasi, tohari kerap menyisipkan deskripsi alam yang memperkuat citra adegan.kalau kau mau membaca cerpen cerpen yang kuat karena ia berpihak dan disampaikan den [...]

  11. Agoes

    Ini kumpulan cerpen karya Ahmad Tohari dari tahun 80an hingga akhir 90an Buku ini bikin saya ketagihan untuk terus membaca karakter yang ada di cerpennya adalah orang orang sederhana, biasanya tinggal di desa atau hidup miskin, tapi pribadinya begitu kompleks Saya juga suka dengan cara penulis mengekspresikan perasaan yang dialami oleh tokoh tokohnya lewat ungkapan yang tidak biasa misalnya pada cerita seorang penulis yang bukunya tidak laku.

  12. Lia Wibyaninggar

    Paling suka Bulan Kuning Sudah Tenggelam Kisah paling akhir di buku ini, sekaligus paling panjang, juga kisah yang paling membuat saya menerka nerka mengenai judul dan kaitannya dengan isi cerita.

  13. Clara Utami

    A beautifully written and translated piece I had a wonderful reading experience that also sharpened my understanding on the beauty of humanity.

  14. Anggi Hafiz Al Hakam

    PembukaanBelakangan ini, karya karya Ahmad Tohari diterbitkan kembali dalam bentuk kumpulan cerpen Sejauh ini, saya baru membaca Senyum Karyamin dan buku ini, Mata Yang Enak Dipandang Ahmad Tohari sendiri adalah simbol bagi kehidupan yang bersahaja Ahmad Tohari mampu dengan lugas selalu mampu menafsirkan tatanan hidup masyarakat pinggiran dan alam pedesaan yang kental dalam setiap karyanya.Ahmad Tohari mengenal dengan baik objek tulisannya Tidak heran bila mereka serasa jadi bagian nyata dalam r [...]

  15. Teguh Affandi

    Sedikit kecewa dengan kumpulan cerpen Ahmad Tohari yang ini Sangat berbeda dengan Senyum Karyamin Cerpen cerpen dalam buku ini tidak sedahsyat cerpen2 di Senyum KaryaminDua cerpen yang bagus Penipu Yang Keempat dan Kang Sarpin Minta Dikebiri Satu lagi cerpen yang menurutku perlu dibaca hati hati adalah Salam dari Penyangga Langit, dalam cerpen ini kadingaren Ahmad TOhari berbicara agama Karena sampai saat ini cerpen2 Ahamd Tohari selalu berbicara kemiskinan dan orang bawah Tetapi sebagai maestro [...]

  16. Tsuraya

    Pertama kali terpikat dengan buku ini, adalah karena tanpa sengaja saya menonton sebuah film pendek berjudul sama di Youtube Ternyata film tersebut adalah adaptasi dari cerpen Mata yang Enak Dipandang oleh Ahmad Tohari, yang sedang diikutkan sayembara Book on Screen yang diadakan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama Terus terang saja, saya menahan tangis saat menonton film tersebut Ceritanya sederhana, mengangkat kisah orang miskin di tengah perkotaan Meskipun film nya rasanya juga tak terlalu p [...]

  17. Sayekti Ardiyani

    Cerpen Pemandangan Perut membuat saya mak degh ketika membacanya Adalah Sardupi yang suka tersenyum dan tertawa sendiri Matanya tidak sama dengan mata semua orang Ia melihat tubuh tubuh orang tembus pandang Ia bisa melihat layar tancep dalam rongga perut semua orang Tontonan layar tancep itu macam macam, kadang bagus kadang mengerikan Ia sering tertawa dan iba melihat pemandangan mengerikan di perut yang dilihatnya Yang membuat saya tercenung adalah cerita Sardupi mengenai perut Pak Ajar, Dulu,k [...]

  18. Nora Apriyani

    Berisi 15 kumpulan cerpen pilihan karya Ahmad Tohari yang pernah dimuat di media cetak antara tahun 1983 s.d 1997 Buku ini memakan waktu yang lumayan lama bagi saya untuk menghabiskannya Dua bulan lebih sedikit baru saya bisa menuntaskan membaca buku ini Hal ini dikarenakan karena buku ini merupakan kumpulan cerpen hingga saya merasa bisa berhenti membaca nya ketika satu atau dua cerpen berhasil saya habiskan Dan buku ini saya pinjam di ijak dengan sistem antri, peminat ahmad tohari banyak sih J [...]

  19. Uly Hidayah

    Menurutku ada 3 jenis cerita pada kumcer ini, yg pertama yg berkisah ttg hal hal dn peristiwa peristiwa keseharian di pedesaan yg entah kenapa bisa diceritakan dn sangat tidak biasa salutYang kedua, kisah yg tak lazim pada cerpen Pemandangan Perut Dan itu juga menohok pisan Tak bisa kubayangkan pemandangan seperti apa yg ada di perut ku Yang ketiga, roman Hmm sebenarnya ngasal aja kubilang cerpen Bulan Kuning Sudah Tenggelam sebagai roman Karena cerita ini dibuka dg kebingungan berbakti kepada o [...]

  20. Henry Ahmed

    Salah satu antologi cerpen terbaik yg pernah saya baca Seperti biasa, Ahmad Tohari mengangkat realitas kehidupan orang orang biasa sebagai objek cerita Dengan bahasanya yang sederhana tetapi menohok, pembaca dapat dengan mudah memahami isi cerita tanpa harus terlalu banyak membaca ulang Dengan membaca antologi cerpen ini, penulis seakan mengajak kita untuk berpikir bahwa kehidupan masyarakat biasa terutama golongan menengah ke bawah seringkali tidak dapat lepas dari jerat derita kemiskinan Selai [...]

  21. Antonia Ayu

    Apik Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang menarik hati dan empati pembaca Membuat pembaca merasakan dan memahami pengalaman orang lain Nyata terjadi dalam kehidupan sehari hari.

  22. Sabila Akhlidi

    di tiap cerita selalu ada sesuatu yang berhasil disimpulkan Nilai nilai kehidupan yang menyadarkan diri kita.

  23. Adek

    Ahmad Tohari hadir lagi dalam kumpulan cerpen terbarunya Walaupun cerpen cerpen tersebut ditulis setidaknya lebih dari sepuluh tahun yang lalu, sepanjang rentang dua puluh tahun 1983 2003 , namun kisahnya masih menggugah kekinian, selalu sederhana, dan tentu saja menginspirasi.Mata yang Enak Dipandang Sepasang pengemis dan penuntun si pengemis Mirta dan Tarsa Mirta mengajarkan Tarsa bagaimana mendapatkan orang yang mau memberi mereka receh, yaitu dengan memilih kereta ketiga di mana banyak orang [...]

  24. Dedul Faithful

    Judul Mata yang Enak DipandangPenulis Ahmad TohariPenerbit Gramedia Pustaka UtamaTebal 216 HalamanTerbit Cetakan Kedua, Maret 2015SALAH satu cerpenis yang menerbitkan buku kumcer dan karyanya diapresiasi pasar adalah Ahmad Tohari Cerpenis yang bisa dibilang senior dan memiliki kekhasan dalam setiap karya karyanya Secara mencolok, Ahmad Tohari selalu menceritakan perihal wong cilik dalam setiap cerpen cerpennya Salah satu kumcernya mengambil tema itu, bertajuk Mata yang Enak Dipandang.Di dalam ku [...]

  25. MariaLalita

    Sebenarnya sudah menyelesaikan buku ini sejak lama Tapi baru ingat kalau belum review buku ini di Setelah Di Balik Bukit Cibalak, buku ini adalah salah satu buku dari Ahmad Tohari yang kurang saya suka, karena saya merasa bahwa Ahmad Tohari kehilangan kesastraannya dalam buku ini Tetapi buku ini tidak memenuhi ketidak sukaan saya seperti Di Balik Bukit Cibalak sih Istilahnya, masih lebih mending Buku ini nggak cocok jika dibaca oleh mereka yang sedang sangat amat haus membaca karya sastra yang b [...]

  26. Farah Putrizeti

    Ya, kukira betul mata orang yang suka memberi memang enak dipandang Review lengkapnya di sini farbooksventure.i

  27. Dhani

    Pertama tertarik pada kumpulan cerpen ini karena 2 hal, nama penulisnya dan kavernya yang berwarna terang, kuning menyala.Lima belas cerita yang banyak di antaranya sudah pernah dimuat di media nasional ada di 215 halamannya.Cerpen cerpennya punya judul yang unik, seperti Mata Yang Enak Dipandang , Warung Penajem , Akhirnya Karsim Menyeberang Jalan , Sayur Bleketupuk , Harta Gantungan dan Pemandangan Perut.Tema dari ceritanya beragam, tapi punya garis hubung yang kuat, yakni tentang interaksi an [...]

  28. Aliftya Amarilisyariningtyas

    Ya, kukira betul mata orang yang suka memberi memang enak dipandang halaman 14Seperti biasanya Dan seperti sebelum sebelumnya Tulisan Ahmad Tohari selalu sederhana, namun mampu membuat kita para pembacanya, terbius oleh setiap ceritanya Cerita di dalamnya cenderung mengalir pelan Konfliknya pun tak selalu tajam Akan tetapi, pada akhirnya emosi pembaca tetap akan termainkan Plot yang naik turun akan jelas dirasakan oleh pembaca.Saya pribadi tidak terlalu mau berkomentar banyak soal buku Ahmad Toh [...]

  29. Muhajjah Saratini

    Benarkah Tuhan bisa ditipu seperti itu Pertanyaan serupa muncul lagi setelah selesai membaca ulang cerpen Penipu yang Keempat di kumcer ini Cerpen ini pertama kali saya baca ketika masih awal duduk di bangku kuliah Mungkin di buku kumpulan cerpen Kompas Saat itu, pernyataan yang muncul Mana mungkin Tuhan bisa ditipu seperti itu Ya, saya agak emosi membacanya dulu Dan berpikir, bagaimana mungkin cerita seperti ini masuk Kompas Saya jadi ingat, cerpen ini yang membuat saya sempat jengkel dengan pe [...]

  30. Abi Ghifari

    Ahmad Tohari telah dikenal luas sebagai salah satu maestro prosa bernuansa realisme sosial Karya karya sastra yang digubahnya seringkali mengulas seputar kehidupan masyarakat kelas ekonomi bawah atau kalangan akar rumput , lengkap dengan segala dinamika dan kisah hidup yang menyentuh hati pembacanya.Tema sosial yang konsisten diusung Ahmad Tohari ini juga tampak pada kumpulan cerpennya Mata yang Enak Dipandang Kumpulan cerita pendek yang telah terbit di berbagai media nasional seperti Kompas dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *